Rabu, 14 Juni 2017

Dear Sunshine

Selamat Pertengahan Bulan Ramadhan, all! Huehehe akhirnya setelah satu setengah bulan, tiba-tiba dapet ilham buat nulis lagi (brb bersih-bersih sarang laba-laba di pojokan page ini). *ngulet maksimal*

Gimana, ibadahnya udah maxzemal? Wuduuuuwh pertanyaan gue menohok diri banget yak. Gue Sendiri merasa belum maksimal kok. Tapi daripada nggak ibadah sama sekali kan yha… Walawpun Cuma Ramadhan aja rajinnya, toh yang penting dilakukan. Daripada sama sekali meninggalkan ibadah, ye kaaan…

Senengnya sama pengalaman pagi ini, waktu gue turun dari KRL, begitu tap out dari stasiun Karet gue denger beberapa orang rame banget ketawa-ketawa. Gue otomatis lah penasaran sebagai manusia yang nggak mau ketinggalan berita (baca: nggak mau ketinggalan bahasan gossip). Gue melipir lah ke arah orang-orang yang ketawa lepas itu (sambil pura-pura buka apps Go-Jek di Hp padahal naiknya angkot). Dan setelah dilihat-lihat lagi, ternyata mereka sekumpulan orang-orang penyandang tunanetra. Mereka ngobrol asik banget seolah Stasiun Karet itu tempat kongkow mereka paling kekinian. Gue nggak terlalu denger pembahasan mereka apa sih, berhubung gue juga lagi ngejar absen supaya pulangnya bisa tepat waktu (sungguh sebuah niscaya pabila gue bisa tepat waktu) Tepat waktu flexinya maksudnya, uwnch.

Berhubung gue buru-buru, gak jelas mereka ngobrol apa, ya gue gak dapet info apa-apa juga sih. Tapi minimal pagi itu gue dapet pelajaran berharga yang mungkin selama ini sering terabaikan - duileeeehh... ya.. itu... Pelajaran untuk bersyukur. Betapa melihat mereka bisa ketawa lepas, seperti tanpa beban (ini pendapat sok tau gue sih) itu seketika terasa nyaman. Gara-gara melihat mereka itulah rasanya seketika hati gue hangat banget. Betapa bersyukur itu mudah. Kenapa yang ada di otak manusia Cuma seputar dirinya dan permasalahannya? Coba kalau mau buka mata sedikit aja, lihat orang-orang di sekitar yang mungkin nggak lebih beruntung dari kita tapi mereka masih mampu tertawa lepas, rasanya apa masih pantes ya kita ngeluh melulu? (hmmm... mbok Anggun mulai bijak yesss)

Eh tapi bener loh, begitu melihat mereka, seketika gue tersenyum ringan aja gitu, kayak ada perasaan bersyukur yang yaa… gitulah susah dijelaskan dengan ketikan tangan. Betapa yang udah Allah kasih ke gue itu nggak akan pernah mampu gue balas dengan ibadah sampe jungkir balik kaya apapun. Betapa kasih sayang Allah itu melimpah dan Dia Maha Kaya. Maksud gue, coba flashback lagi apa aja yang udah diraih sampai detik ini? Banyak kan? Jadi kenapa permasalahan yang lagi dihadapi justru jadi penghalang buat kita melangkah maju? Kadang mata kita aja sih yang tertutup kabut sama permasalahan yang sebenarnya mungkin sanggup ditanggung sama orang lain yang cobaannya lebih berat. Kadang kita ngerasa cobaan kita udah yang paling berat. Tapi sebenarnya di luar sana pasti ada orang yang rela dan bersedia bertukar tempat dan posisi sama kita, mereka rela dan sanggup menanggung cobaan kita sekaligus karena cobaan hidup mereka pasti lebih dari kita. Sementara toh kita belum tentu mampu menanggung cobaan orang lain kan?

Sebagai individu, gue sih kalau ada masalah cenderung menyendiri, nangis sampe puas sampe rasanya gak punya tenaga lagi terus sampai rasanya “udahan deh..”. Tapi setelah itu, gue harus berjanji sama diri sendiri, setelah selesai nangis, nggak boleh ada tangisan-tangisan selanjutnya, harus bangkit sesakit apapun rasanya itu. Gue percaya Allah akan membalas rasa sakitnya dengan sesuatu yang lebih manis kalau gue bisa ikhlas dan menyerahkan semuanya sama Yang Maha Kuasa. Waktu akan menjawab kesulitan dan sakit kita kok. Yang penting Bersyukur dan Percaya sama Tuhan, udah.

Jadi, udah bersyukur hari ini? Yuk lepas dari smartphone lo sejenak, keluar ruangan sebentar aja, bersyukur masih sehat dan masih bisa lihat matahari hari ini. Jadi bisa jemur cucian yang belom kering ye kaaan… Bersyukur itu semudah itu kok. Semoga semua yang baca segera mendapat penyelesaian atas masalah-masalahnya ya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar